12 Pekerjaan Yang Bisa Dilakukan Seorang Desainer Grafis

Umumnya, lulusan studi Desain Grafis akan terhubung dengan prospek kerja di bidang desain atau periklanan.

Ini bukan kasusnya. Mereka yang memperoleh gelar sarjana dari program studi juga dapat memulai karir di berbagai bidang lainnya. Apalagi saat ini jurusan desain grafis banyak diminati oleh perusahaan.

Hal ini sejalan dengan evolusi gaya komunikasi yang saat ini cenderung tersusun secara visual ketimbang secara vokal atau tekstual.

Perguruan tinggi dengan jurusan desain grafis sekarang sangat banyak. Nah, dengan semakin populernya jurusan desain grafis, berikut adalah 12 peluang karir yang bisa dipilih lulusan.

Prospek kerja desain grafis

1. Direktur Kreatif

Jika Anda seorang desainer grafis yang aktif, kreatif, dan dinamis, prospek bekerja sebagai direktur kreatif di biro iklan mungkin merupakan pilihan yang baik untuk Anda.

Dengan posisi ini, Anda dituntut untuk memimpin proses perancangan konten visual yang kreatif dan menarik sesuai dengan kebutuhan klien Anda.

Anda juga harus memastikan bahwa estetika desain secara keseluruhan tetap konsisten dengan identitas dan visi perusahaan.

Namun, karena profesi ini berada pada level manajerial, Anda harus memiliki pengalaman dan keterampilan kepemimpinan yang memadai sebelum mendaftar.

2. Desainer grafis

Aspek visual sangat penting dalam branding perusahaan. Oleh karena itu, setiap perusahaan membutuhkan jasa desain grafis.

Sebagai Desainer Grafis, Anda akan diminta untuk membuat logo, identitas merek, dan tampilan visual yang mendukung branding perusahaan klien, menurut Prospects UK.

Selain mahir dalam bidang desain, Anda juga harus memahami branding yang sesuai untuk perusahaan klien.

Untuk itu, Anda para mahasiswa desain grafis sebaiknya mempelajari strategi branding mulai sekarang, jika Anda ingin bekerja sebagai desainer grafis di perusahaan besar.

Tak hanya di perusahaan swasta, peran desainer grafis di perusahaan media juga diminati.

mengapa demikian? Hal ini dikarenakan aspek visual sangat penting dalam mendukung informasi yang disampaikan oleh media.

Oleh karena itu, bagi anak desain grafis, tidak ada salahnya melamar pekerjaan sebagai desainer grafis di perusahaan media umum.

3. Artis komik

Jika Anda seorang desainer grafis yang suka menggambar karakter unik, Anda bisa menjajaki kemungkinan bekerja sebagai komikus sebagai pilihan karir utama Anda.

Pasalnya, industri desain komik saat ini sedang naik daun. Hal ini bisa dilihat dari banyak rilisan komik seperti Si Juki karya Faza Meonk atau Rixa karya komikus Haryadhi.

Bukan hanya komik, banyak website khusus bermunculan untuk menjadi wadah para komikus berbakat. Webtoon dan Ciayo adalah dua situs tersebut.

Di dua situs ini, hampir ratusan komik telah diterbitkan oleh banyak komikus berbakat di seluruh Indonesia.

Selain harus pandai membuat karakter komik yang unik, kamu juga harus bisa membuat cerita yang menarik jika ingin komikmu sukses nantinya.

4. Desainer UX

Prospek pekerjaan berikutnya yang bisa Anda kerjakan dengan Diploma Studi Desain Grafis adalah Desainer UX (Pengalaman Pengguna).

Menurut situs resmi Rasmussen, desainer UX bertugas membuat produk, proses kerja, dan layanan aplikasi lancar dan intuitif bagi pengguna.

Mereka harus merencanakan konsep desain terbaik agar pengguna merasa nyaman saat menggunakan aplikasi perusahaan.

Tidak hanya itu, desainer UX juga harus melakukan pengujian pengguna dan memperbaiki bug yang ditemukan pada desain mereka.

Profesi ini melibatkan banyak pemikiran di luar kotak, intuisi kreatif, dan apresiasi alami untuk desain yang mulus.

Nah, bagi kamu lulusan desain grafis yang menyukai tantangan, pilihan karir ini bisa menjadi pilihan yang tepat untukmu.

5. Desainer antarmuka pengguna

User Interface Designer adalah peluang kerja berikutnya untuk dikejar oleh lulusan desain grafis. Desain UI sering dianggap sebagai bagian dari desain UX dan memiliki tujuan keseluruhan yang serupa.

Perbedaannya adalah desainer UI lebih fokus pada bagaimana produk terlihat dan terasa, menurut College Grad. Mereka mendesain setiap layar dan setiap halaman, memastikan bahwa tata letak bekerja secara visual dengan jalur keseluruhan yang digambar oleh desainer UX.

Mereka juga harus memperhatikan koherensi pola desain dan memastikan tampilan produk tetap konsisten agar tidak membingungkan pengguna.

6. Pengembang produk

Product developer merupakan salah satu peluang kerja desain grafis yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan saat ini. Saat meluncurkan halaman Naikkan, mereka harus memunculkan ide produk baru dan mengelola proses manufaktur dengan hati-hati.

Mereka juga dapat ditugaskan untuk membantu bawahan sehingga tugas pekerjaan mereka sangat bervariasi. Secara umum, tugas mereka juga bervariasi sesuai dengan kebutuhan industri.

Namun, beberapa tanggung jawab yang harus dimiliki oleh semua pengembang produk termasuk melakukan penelitian industri, membuat ilustrasi, dan berkontribusi dalam proses pengembangan produk.

7. Artis konsep

Concept artist merupakan peluang kerja bagi lulusan desain grafis yang masih belum banyak dikenal orang.

Dijelaskan oleh Prospects UK, Dalam profesi ini, Anda akan menerapkan imajinasi dan keterampilan artistik Anda untuk membuat ilustrasi dan gambar orang, makhluk, dan tempat di suatu tempat.

Dalam waktu singkat, Anda harus bisa memberikan sketsa karakter dan lingkungan tertentu sesuai brief klien.

Fungsi ini juga dibutuhkan oleh banyak perusahaan, seperti yang Anda ketahui. Pasalnya, setiap proyek yang melibatkan cerita visual membutuhkan jasa concept artist.

8. Animasi

Kemungkinan pekerjaan selanjutnya yang bisa Anda kejar dengan gelar di bidang desain grafis adalah menjadi animator profesional.

Tugas animator adalah menghasilkan gambar yang disebut frame.

Karya ini mengacu pada gambar-gambar yang jika dirangkai bersama dapat menciptakan ilusi gerak yang dikenal dengan animasi.

Gambar yang dimaksud juga bisa digital, digambar tangan, model atau potret.

Animator cenderung bekerja dalam pemodelan 2D atau 3D, stop frame, atau animasi yang dihasilkan komputer.

Baca juga: 9 Kursus Desain Grafis Bagi Yang Masih Pemula

9. Direktur Teknis

Karier direktur seni adalah peluang kerja lain yang dapat Anda jalani sebagai lulusan desain grafis.

Sebagai Art Director, Anda akan bertanggung jawab atas keseluruhan gaya visual dan konten di majalah dan surat kabar, pengemasan produk, dan produksi film atau serial.

Art Director akan membimbing para seniman dan desainer di timnya dalam mengembangkan karya mereka.

10. Fotografer

Lulusan desain grafis juga bisa menjadi ilustrator sebagai pilihan prospek karir. Sebagai ilustrator, Anda dapat membuat desain buku dan grafik untuk membuat karya yang mendukung penceritaan dalam kampanye pemasaran.

11. Desainer web

Bekerja sebagai desainer web, itu adalah salah satu peluang kerja yang berspesialisasi dalam desain grafis. Karir web designer bisa menjadi peluang kerja yang menjanjikan bagi lulusan desain grafis.

Saat meluncurkan BetterTeam, perancang web bertanggung jawab untuk membuat desain situs web yang menarik secara visual dan mudah digunakan oleh konsumen.

Tidak hanya itu, Anda juga akan bekerja sama dengan klien untuk mendiskusikan visi website yang akan dibangun.

Oleh karena itu, diperlukan pemahaman yang baik tentang warna, font dan tata letak serta pemikiran kreatif untuk posisi ini.

12. Desainer logo

Prospek pekerjaan lain yang dapat dilakukan oleh lulusan desain grafis adalah desainer logo.

Sebagai desainer logo, pekerjaan harian Anda akan terkait dengan merancang berbagai kampanye dan logo pemasaran perusahaan.

Ini karena seorang desainer logo membantu perusahaan mengkomunikasikan merek mereka melalui kesan pertama dalam iklan.

Tugas yang akan Anda dapatkan sebagai desainer logo adalah sebagai berikut;

  • Adakan pertemuan dengan klien untuk membahas kampanye dan slogan
  • Membuat tata letak desain
  • Manajemen proyek merek
  • Memberikan solusi desain yang unik dan praktis

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *