Ayam Rica, Menu Catering Khas Masakan Manado yang Gampang Dibuatnya

Jika kita mendengar tentang bumbu rica-rica, mungkin yang ada di pikiran kita adalah masakan Manado. Memang benar, rica merupakan salah satu masakan andalan yang bisa disuguhkan untuk banyak acara.

Membuat ayam rica pun juga sama mudahnya dengan membuat ayam pedas lainnya, yakni kita hanya perlu menyesuaikan saja takaran bumbu, misalnya kunyit, cabai, serai, bawang dan lainnya.

Untuk metode membuatnya sendiri, bisa dengan cara ditumis. Nah, bagi yang ingin memasak ayam ini, yuk coba berkreasi dan lihat seberapa jago kita dalam mengolah masakan Manado dari catering nasi kotak yang satu ini.

  1. Bahan-Bahan yang Bisa Disiapkan

Untuk membuatnya, silahkan menyiapkan ayam yang sudah dipotong sesuai keinginan, tomat yang sudah diiris tipis, daun jeruk, daun salam, serai, jahe, dan lengkuas yang sudah digeprek, serta garam, gula dan penyedap. Siapkan pula minyak untuk menumis dan juga air.

Untuk semakin menambah rasa, kamu bisa lho menambahkan daun kemangi. Kalau di luar negeri, makanan kan biasa nih dicampuri daun basil, nah di Indonesia, kita bisa mencampurnya dengan kemangi yang tentunya bisa memberi aroma khas. Selain itu, kemangi juga bisa menambah nikmat rasa masakan.

  1. Bumbu Halus

Untuk bumbu halusnya, kita bisa menyiapkan bawang merah, bawang putih, kunyit, cabe merah kriting, cabe rawit merah, ketumbar bubuk, dan lada bubuk.

  1. Cara Membuat Ayam Rica Kemangi

Untuk langkah membuatnya, pertama silahkan panaskan minyak dahulu baru kemudian menumis bumbu halus sampai harum. Jangan lupa tambahkan tomat, daun jeruk, daun salam, jahe dan serai lalu aduk sampai berubah warna. Selanjutnya, masak ayam yang sudah terlebih dahulu dicuci bersih.

Hilangkan bau amisnya dengan perasan air jeruk. Kala memasak, campur ayam dengan bumbu sampai meresap. Jangan lupa, berilah air, garam, penyedap rasa, dan gula. Biarkan saja hingga air kuah menyusut dan ayam terasa empuk. Jika sudah, matikan kompor dan berilah daun kemangi diatasnya.

Demikian resep ayam rica, masakan Manado yang menggugah selera ini. Jika kalian ingin mencobanya, kalian bisa lho memesan di vendor satu ini. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *