4 Cara Perawatan AC Central untuk Anda

Sudahkah Anda mengetahui cara perawatan ac central yang baik dan tepat dari jasa service AC Jakarta? Kebersihan merupakan hal mutlak yang harus selalu diperhatikan dalam menggunakan AC agar udara yang dihasilkan dari pendingin udara tersebut selalu fresh saat dinikmati.

Pendingin udara yang tidak dibersihkan secara berkala biasanya akan menghasilkan udara bau dan pengap yang bisa membuat mual dan pusing.

Air Conditioner Central atau sering disebut AC sentral merupakan AC dengan system pendingin terpusat di satu lokasi dan kemudian didistribusikan ke segala arah (1 outdoor dan beberapa indoor).

Ukuran AC central cukup besar sehingga digunakan pada ruangan yang luas. Umumnya AC sentral digunakan pada market atau mall dan diletakkan di luar ruangan karena menghasilkan suara mesin yang bising dan menganggu telinga.

4 Cara perawatan ac central

Air Conditioner dengan system sentral ini memiliki komponen utama yaitu, Chiller atau mesin refrigasi yang berfungsi sebagai pendingin, Air Handling Unit (AHU) atau unit penanganan udara, cooling tower, sistem saluran udara (ducting), sistem pemipaan, sistem kontrol, dan sistem kelistrikan.  Terdapat 4 tahapan cara perawatan ac central, yaitu sebagai berikut :

  • Persiapan perawatan mesin AC

Perawatan mesin pendingin udara hendaknya dilakukan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang sudah ditentukan. Siapkanlah alat pembersih seperti lap pembersih, cairan pembersih, dan kompresor udara.

  • Memperbaiki dan merawat mesin AC Central pada bagian luar

Debu dan kotoran yang terdapat di bagian luar AC central dapat langsung dibersihkan menggunakan cairan pembersih. Lakukan dengan hati-hati agar tidak merusak bagian mesin AC. Sedangkan mesin uap (evaporator), filter udara, compressor dan kondensor dibersihkan menggunakan cairan desinfektan dan cairan pembersih.

  • Memperbaiki dan merawat mesin AC Central

Sebelum mesin AC dibongkat, refrijeran harus dikeluarkan lebih dulu. Bagian dalam mesin pendingin udara dibersihkan menggunakan metode vakum.

  • Mengevaluasi hasil Perawatan

Setelah melakukan semua prosedur perawatan AC central, periksalah kembali hasil pekerjaan dengan teliti.

Nah, begitulah 4 tahapan cara perawatan AC central yang harus dilakukan secara rutin. Perawatan pendingin udara harus dilakukan dua atau tiga bulan sekali, agar pendingin udara tetap awet dan menghasilkan udara yang sejuk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *