Bagaimana Cara Mendapatkan Sertifikat ISO 9001

Kategori Uncategorized

Saat ini ada banyak sekali perusahaan-perusahaan baru yang menawarkan produk-produk mereka dan berharap produk-produk ini bisa bersaing di pasar nasional ataupun global. Tentunya bukan hal yang mudah untuk memasarkan produk-produk baru di suatu pasar yang sudah penuh dengan market barang sejenis. Calon pembeli akan sangat mempertimbangkan baik harga maupun kualitas dari produk yang ditawarkan.

Jika yang ditawarkan adalah sebuah produk yang masih baru maka otomatis konsumen belum mempunyai pengalaman akan kualitas dari produk tersebut. Untuk itu seringkali perusahaan mengusahakan agar produk mereka mendapatkan sertifikat ISO 9001. Sertifikat ISO 9001 ini adalah sebuah sertifikat yang akan menjadi jaminan atas kualitas produk-produk mereka.

Apa itu sertifikat ISO 9001?

Anda sudah melihat bahwa sertifikat ISO 9001 adalah sebuah sistem yang sudah dikenal sebagai jaminan mutu atau kualitas dari suatu produk maupun jasa. Sistem ISO 9001 sudah membuat standarisasi kualitas untuk berbagai produk dan jasa, sehingga masyarakat bisa yakin bawa satu produk yang sudah memenuhi standart ISO 9001 pasti akan memberikan mutu yang sudah terjamin.

Sertifikat ISO 9001 ini dikeluarkan oleh sebuah lembaga sertifikasi yang sudah mendapatkan kewenangan dari instansi pusat dari penerbitan sertifikat ISO 9001 ini. Lembaga sertifikasi ISO 9001 ini sudah mempunyai pengetahuan yang lengkap tentang standarisasi penentuan kualitas produk dan jasa untuk setiap industri. Jadi pada saat anda ingin mendapatkan sertifikat ISO 9001 untuk produk anda ataupun jasa anda maka akan ada surveyor dari lembaga sertifikasi ini yang akan datang audit perusahaan anda.

Bagaimana cara mendapatkan sertifikat ISO 9001 ini?

Seperti yang sudah dituliskan di atas bahwa akan ada seorang surveyor yang datang ke perusahaan anda untuk melakukan proses audit terhadap prosedur dan kualitas yang berjalan di perusahaan anda. Anda harus memenuhi standar kualitas dan prosedur yang ditetapkan oleh auditor untuk bisa mendapatkan sertifikat ISO 9001 tersebut.

Untuk bisa melalui proses sertifikasi ISO 9001 ini, maka tentunya anda harus menyiapkan anggaran untuk biaya sertifikasi ISO 9001. Biaya sertifikasi ISO 9001 ini meliputi biaya untuk audit survei yang akan diberikan kepada tim yang melakukan survei di perusahaan anda dan juga biaya audit sertifikasi ISO 9001 yang akan diberikan untuk lembaga yang akan menerbitkan sertifikat ISO 9001 untuk perusahaan anda.

Auditor akan memeriksa prosedur wajib dan juga prosedur kerja untuk setiap departemen yang ada di dalam perusahaan anda. Begitu juga sistem manajemen, kebijakan, sasaran dari perusahaan anda akan ikut di dalam sistem penilaian. Dan setelah itu barulah kualitas dari produk ataupun jasa anda akan diaudit untuk menentukan apakah perusahaan anda bisa mendapatkan sertifikat ISO 9001 atau tidak.

Proses sertifikat ISO 9001 ini bisa berjalan untuk beberapa waktu lamanya. Setiap industri atau produk dan jasa yang berbeda bisa saja mempunyai waktu audit yang berbeda. Yang jelas perusahaan anda harus melewati dua tahap audit. Tahap yang pertama adalah proses dokumentasi prosedur dan kualitas produk anda saat ini. Setelah menilai prosedur dan kualitas produk anda saat ini maka lembaga sertifikasi akan memberikan beberapa rekomendasi perbaikan untuk anda lakukan.

Anda akan diberikan periode waktu tertentu untuk melakukan rekomendasi rekomendasi perbaikan yang diberikan oleh lembaga sertifikasi ISO 9001 ini. Setelah itu maka lembaga sertifikasi akan mengadakan audit implementasi untuk menilai bagaimana pelaksanaan rekomendasi-rekomendasi yang sudah diberikan oleh perusahaan anda. Jikalau perusahaan anda sudah memenuhi semua rekomendasi wajib, maka perusahaan anda akan mendapatkan sertifikat ISO 9001 ini.

Tetapi jikalau pulsa anda kedapatan tidak melakukan prosedur yang direkomendasikan maka tentunya anda tidak akan mendapatkan sertifikat ISO 9001. Urusan anda akan dianggap melakukan kesalahan minor jikalau perusahaan anda tidak bisa secara konsisten menjaga kualitas dari produk ataupun jasa anda. Atau urusan anda akan dianggap melakukan kesalahan mayor jika lulusan anda tidak melakukan satu atau beberapa prosedur yang direkomendasikan.

Masa penggunaan sertifikat ISO 9001

Jika perusahaan anda berasa mendapatkan sertifikat ISO 9001 maka anda berhak untuk menggunakan sertifikat ini selama 3 tahun kedepan. Jadi perusahaan anda harus melakukan proses audit berkala untuk memastikan perusahaan anda secara konsisten terus menjaga standar prosedur dan kualitas yang sudah ditetapkan oleh lembaga ISO 9001.

Jadi inilah sekelumit tentang proses pembuatan sertifikat ISO 9001 yang mungkin membantu anda yang ingin membuat atau mendapatkan sertifikat ISO 9001 untuk perusahaan anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *