5 Cara Mendapatkan Penghasilan Dari Blog

Salah satu keuntungan menjadi seorang blogger adalah bisa memonetisasi blog yang Anda miliki tersebut.

Nah, apakah Anda seorang blogger dan ingin mendapatkan penghasilan dari blog, namun masih merasa bingung bagaimana caranya?

Sebenarnya banyak cara untuk menghasilkan uang dari blog.

Berikut ini akan saya paparkan beberapa cara mendapatkan uang dari blog yang paling populer, diantaranya:

1. Monetisasi Blog Dengan Cara Menyediakan Slot Iklan Mandiri

Jika blog Anda trafiknya sudah sangat tinggi dan branding blog Anda sudah terbentuk (populer), maka Anda bisa menyediakan slot iklan mandiri di blog Anda.

Penghasilan dari iklan mandiri ini akan Anda peroleh full semua untuk Anda. Karena pemasangan iklan mandiri ini tanpa melalui pihak ketiga seperti google adsense. Bila pada google adsense ada sistem bagi hasil 68% bagi publisher, maka pada iklan mandiri hasilnya 100% jadi milik Anda.

Kelemahan iklan mandiri adalah sangat sulitnya mendapatkan pemilik bisnis atau perusahaan yang mau memasang iklan ke blog kita. Karena kebanyakan dari mereka lebih suka mempromosikan produknya melalui Google ads atau Facebook ads.

Terkecuali jika trafik blog Anda sudah sangat tinggi sekali (tembus jutaan page view per hari), maka barulah pelaku bisnis atau perusahaan akan tertarik untuk memasang iklan di blog Anda.

2. Mendaftarkan Blog ke Penyedia Iklan PPC

Jika belum memungkinkan untuk menyediakan slot iklan mandiri di blog Anda, maka Anda bisa memilih cara monetisasi yang relatif lebih mudah, yaitu memasang iklan PPC. Iklan PPC ini paling tepat di pasang pada niche blog. Yaitu jenis blog yang pembahasan artikelnya spesifik pada topik tertentu.

PPC adalah singkatan dari pay per klik. Kalau diterjemahkan bebas ke bahasa Indonesia maka artinya kurang lebih “dibayar tiap klik”.

Model iklan yang satu ini termasuk yang paling populer. Banyak sekali penyedia jenis iklan ini. Kalau untuk level internasional, maka yang paling terkenal adalah google adsense. Sedangkan untuk penyedia iklan PPC lokal diantaranya adalah Klik Saya dan Kumpul Blogger.

Cara memasang jenis iklan ini sangatlah mudah. Yang terpenting anda harus mendaftar dan di approve terlebih dahulu. Nanti pengajuan Anda akan di review oleh penyedia iklan tersebut. Jika pendaftaran anda disetujui, maka anda hanya tinggal memasang script/kode dari penyedia iklan PPC itu.

Besaran penghasilan yang akan anda dapatkan sangat tergantung dari jumlah trafik blog Anda. Semakin tinggi jumlah pengunjung blog, maka akan semakin besar pula peluang klik dan penghasilan yang akan Anda dapatkan.

3. Memonetisasi Blog Anda Dengan Cara Kerjasama Afiliasi.

Bagi blogger senior istilah afiliasi tentunya sudah tidak asing lagi. Sebab afiliasi ini adalah salah satu cara mendapatkan uang dari internet yang populer. Namun bisa jadi ada sebagian blogger pemula yang baru tahu dengan jenis kerjasama yang satu ini.

Sederhananya afiliasi ini adalah model bisnis yang membantu memasarkan produk milik orang lain. Anda bisa memasarkan produk orang tersebut di blog milik Anda dan mencantumkan link afiliasi yang mengarah ke situs milik produk tersebut.

Jika Anda ada pengunjung blog Anda yang mengklik link tersebut, sampai akhirnya membeli produk itu, maka Anda akan mendapatkan fee sekian persen. Besaran fee yang akan Anda peroleh tentu sesuai dengan kesepakatan yang telah ditetapkan sebelumnya dengan si pemilik produk.

4. Menyediakan Jasa Artikel (Review Produk dan Jasa)

Jika blog Anda sudah mulai terkenal dan trafiknya tinggi, maka Anda bisa memilih metode lain untuk menghasilkan uang dari blog. Metode tersebut adalah menawarkan jasa membuat artikel review tentang produk atau usaha jasa orang lain.

Dengan semakin berkembang pesatnya teknologi informasi dan internet, maka kini semakin banyak pebisnis UKM yang sadar betapa besarnya potensi pemasaran produk mereka melalui internet.

Dan salah satu media potensial untuk memasarkan produk mereka adalah melalui para blogger di blog mereka. Oleh karena itu, fenomena ini menjadi peluang emas untuk dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh para blogger.

Bantulah branding dan trafik blog Anda. Jika blog Anda sudah terkenal dan trafiknya sudah tinggi, maka pasti akan ada saja pebisnis UKM atau bahkan pihak perusahaan yang tertarik untuk order artikel review di blog Anda. Yup! Kunci utamanya hanya satu: Blog Anda harus populer dan sudah ramai pengunjung.

5. Jualan Blog dan Akun Adsense

Karena kini semakin sulitnya untuk di approve oleh Google adsense, maka ada blogger senior yang pintar memanfaatkan peluang tersebut dengan cara menjual blog yang sudah satu paket dengan akun adsense.

Ada 2 jenis blog yang dijual, yaitu yang masih berupa blogspot, dan yang kedua adalah blog yang sudah di custom domain.

Untuk blog yang domainnya masih numpang di platform blogspot dibanderol dengan harga yang lebih murah. Sedangkan untuk blog yang sudah di custom domain dibanderol dengan harga lebih tinggi.

Ada juga blogger senior lainnya yang jualan blog dengan menawarkan paket: blog + template + artikel. Intinya dalam berjualan blog ini bisa ditawarkan dengan jenis paket yang beragam.

Nah, maksud saya, Anda bisa meniru langkah cerdas blogger senior tersebut dengan menerapkan cara yang sama. Tentu saja syaratnya Anda sudah cukup paham dengan seluk beluk dunia blogging, khususnya pada platform blogspot.

Jika cara ini anda tekuni dan bisa mendapatkan 5 atau 10 pembeli saja dalam seharinya, itu hasilnya sudah gurih sekali kawan-kawan.

Nah metode monetisasi blog manakah yang akan Anda pilih dari semua cara di atas? 😊

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *