Perlu Jasa Konsultan ISO 9001?

Saat ini ada banyak sekali industri yang menjual produk yang sama di pasaran. Sudah tidak terbayang berapa jumlah produsen yang memproduksi barang-barang yang sejenis yang bisa kita temui di rak-rak yang ada di mall. Persaingan seperti ini tentunya akan sangat mendorong para pemilik produk untuk bisa meyakinkan konsumen mereka untuk memilih produk buatan mereka.

Yang menjadi masalah adalah bagaimana cara untuk menyakinkan konsumen untuk memilih produk mereka? Salah satu hal yang cukup sering dilakukan oleh para produsen adalah berusaha mendapatkan sertifikat yang terkait dengan produk mereka. Jikalau produk mereka adalah makanan maka mereka biasanya akan berusaha mendapatkan sertifikat halal, surat izin BPOM, dan surat keterangan departemen kesehatan. Sedangkan untuk produk-produk yang lainnya biasanya orang akan berusaha untuk mendapatkan sesuatu yang disebut sebagai standar nasional indonesia ataupun sertifikat ISO.

Sertifikasi standar nasional indonesia akan memberikan pengakuan bahwa produk tersebut memenuhi kualitas yang dituntut di dalam negeri. Sedangkan sertifikat ISO akan memberikan pengakuan bahwa produk tersebut memenuhi standar internasional. Tentunya sertifikat ISO ini akan memberikan jaminan kualitas yang dibutuhkan oleh konsumen.

Salah satu yang paling banyak dicari adalah sertifikat ISO 9001. Hal itu dikarenakan sertifikat ISO 9001 ini terkait dengan manajemen mutu dari produk ataupun jasa tersebut. Itu berarti suatu produk yang mendapatkan sertifikat ISO 9001 ini sudah terjamin kualitasnya sehingga setiap orang yang membelinya pasti akan mendapatkan standar kualitas yang diharapkan. Jika anda ingin produk perusahaan anda mendapatkan sertifikat ISO 9001 anda mungkin perlu menghubungi seorang konsultan ISO 9001.

Konsultan ISO 9001 ini akan melakukan audit pada perusahaan anda untuk menentukan apakah perusahaan anda bisa mendapatkan sertifikat ISO 9001 ini. Jika keputusan anda tidak bisa mendapatkan sertifikat ISO 9001 ini maka kemungkinan konsultan ISO 9001 ini akan memberikan beberapa rekomendasi perbaikan yang bisa anda lakukan.

Tentunya anda perlu menyediakan sebuah anggaran jikalau anda ingin menghubungi seorang konsultan ISO. Ada biaya-biaya yang perlu dikeluarkan untuk pembuatan sertifikat dan ada juga biaya-biaya yang perlu anda keluarkan untuk membayar tim audit yang datang ke perusahaan anda. Tapi biaya ini tidak seberapa dibandingkan keuntungan yang akan anda dapatkan jika kalau anda bisa mendapatkan sertifikat ISO 9001 ini.

Anda akan lebih mudah memasarkan produk anda ke berbagai tokoh yang menjual produk-produk yang ada di industri anda. Misalnya anda bergerak di industri baja ringan maka tentunya toko-toko akan lebih mudah menerima produk baja ringan anda jikalau dilengkapi dengan ISO 9001. Hal itu dikarenakan toko-toko juga tidak ingin merekomendasikan produk yang tidak jelas kepada para pelanggan mereka. Jadi dari sini anda bisa memahami bahwa sertifikat ISO ini akan sangat membantu para petugas marketing yang turun ke lapangan.

Jika anda berhasil mendapatkan sertifikat ISO ini maka anda bisa menggunakannya untuk 3 tahun ke depan. Hal itu dikarenakan sertifikat ISO memerlukan pembaruan secara berkala. Pembaruan ini ditujukan untuk memastikan keberlangsungan pengawasan yang rutin terhadap perusahaan-perusahaan yang mengantongi sertifikat ISO ini. Lembaga lembaga konsultan ISO wajib memastikan bahwa setiap perusahaan ini terus menjaga standar mutu mereka secara konsisten. Jika standar mutu ini tidak dijaga maka perusahaan tersebut bisa kehilangan sertifikat ISO mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *