Sejarah permainan bola voli di dunia dan Indonesia beserta aturan mainnya

Kategori Uncategorized

Sejarah bola voli di dunia serta perkembangannya hingga masuk ke Indonesia. Permainan bola voli adalah satu dari sekian banyak jenis olahraga yang diminati oleh masyarakat Indonesia. Olahraga ini juga mudah dimainkan dan relatif lebih ringan dibandingkan jenis olahraga lain.

Bagi anda pecinta olahraga bola voli tahukah bagaimana awal mula permainan ini ditemukan? Berikut ulasan lengkap mengenai sejarah bola voli di dunia dan Indonesia yang mungkin masih belum ada ketahui:

Sejarah penemuan bola voli

Permainan bola voli awalnya ditemukan oleh seorang guru olahraga asal Kanada yaitu William G Morgan tepatnya pada tahun 1895. Olahraga ini secara khusus diperuntukkan bagi Young Mens Christian Association yang merupakan sebuah lembaga pendidikan di Massachusetts Amerika serikat.

Pada awal sejarah bola voli ditemukan, namanya bukanlah volleyball melainkan mintonette. Permainan mintonette ini sekilas hampir mirip dengan bulu tangkis pada awal ditemukannya, karena bulu tangkis awalnya juga tidak menggunakan raket untuk bermain.

Untuk bermain mntonette sebenarnya tidak ada batasan pemain sehingga seorang pemain bebas masuk karena awalnya permainan ini memang hanya untuk olahraga saja. Akan tetapi setelah nama mintonette diubah menjadi bola voli akhirnya dibuatlah sebuah peraturan termasuk jumlah pemain.

Perubahan nama dari mintonette menjadi volleyball bertujuan untuk lebih mengenalkan olahraga ini ke seluruh dunia. Hingga pada akhirnya olahraga mintonette mulai dipertandingkan. Seiring pergantian tersebut maka permainan bola voli menjadi semakin diminati khususnya di Amerika serikat.

Sejarah permainan bola voli berlanjut sampai tahun 1922 saat YMCA mengadakan sebuah event pertandingan bola voli secara Nasional di Amerika serikat. Ini menjadi cikal bakal kepopuleran permainan bola voli di seluruh dunia. Dengan diadakannya pertandingan maka orang semakin mengenal permainan bola voli khususnya di Amerika serikat.

Perkembangan bola voli di seluruh dunia selain diawali dari sebuah pertandingan secara nasional tersebut, juga dibawa oleh tentara sekutu ke beberapa negara termasuk India, Cina, Jepang, Rusia, Latvia, Estonia, Prancis, Romania, Cekoslowakia, dan Jerman. Hingga pada perang dunia 2 olahraga bola voli semakin menyebar terutama di kawasan Asia dan Eropa. Dalam perkembangannya justru olahraga bola voli semakin diminati di Asia dan popularitasnya semakin menurun di Amerika serikat.

Seiring perkembangan permainan bola voli yang semakin mendunia dan telah diadakan sebuah turnamen di Polandia pada tahun 1997 yang berskala besar maka akhirnya di tahun 1948 untuk pertama kalinya organisasi bola voli internasional dibentuk dengan nama International Volleyball Federation atau IVBF. Organisasi ini dibentuk oleh 15 negara.

Masuknya bola voli ke Indonesia

Permainan bola voli menyebar ke seluruh dunia hingga masuk ke Indonesia pada tahun 1928. Permainan ini dikenalkan oleh orang Belanda yang pada waktu itu sering memainkan bola voli saat negara tersebut menjajah Indonesia. Selain itu pada waktu itu guru guru penjaskes Indonesia juga didatangkan dari Belanda di mana salah satu materi yang diajarkan adalah permainan bola voli.

Berapa tentara Belanda juga sering memainkan permainan bola voli di asrama militer terutama di lapangan terbuka. Dari sini akhirnya permainan bola voli semakin berkembang pesat di Indonesia dan semakin diminati oleh masyarakat. Akhirnya banyak bermunculan klub bola voli di berbagai kota besar di Indonesia hingga pada tahun 1955 tepatnya tanggal 22 Januari dibentuk sebuah organisasi voli Indonesia dengan nama persatuan bola voli seluruh Indonesia atau PBVSI.

Organisasi ini dibentuk di Jakarta bersamaan dengan turnamen bola voli pertama kali di Indonesia. Dengan demikian permainan bola voli semakin meluas dan dikenal hingga saat ini.

Peraturan permainan bola voli

Secara umum permainan bola voli boleh dimainkan oleh 6 atau 5 orang. Akan tetapi tidak boleh kurang dari 4 orang. Itu artinya jika ada sebuah tim bola voli yang memiliki pemain kurang dari 4 maka secara langsung tim tersebut akan didiskualifikasi. Selain itu, berikut beberapa rincian peraturan permainan bola voli:

  • Dalam permainan bola voli format yang digunakan dalam penskoran adalah menggunakan 25 poin dengan 3 atau 2 kali kemenangan.
  • Jika poin pertandingan mencapai 24-24 maka permainan akan diteruskan dengan tambahan dua angka atau yus.
  • Seorang pemain tidak diperkenankan menyentuh net secara sengaja ataupun tidak saat bermain.
  • Seorang pemain juga tidak diperkenankan menerobos area lawan saat melakukan smash atau pun blocking.
  • Dalam permainan bola voli seorang pemain hanya boleh memainkan bola 1 kali sebelum akhirnya mengoper kepada rekan.
  • Sedangkan untuk masing-masing tim hanya diperbolehkan memainkan bola maksimal 3 kali di mana bola keiga harus sudah diumpankan ke lawan.
  • Dalam permainan bola voli setidaknya ada empat tugas dari masing-masing pemain di antaranya adalah libero, spiker dan tosser.
  • Dalam pertandingan voli seorang pemain tidak boleh memukul bola menggunakan kepala atau kaki akan tetapi tidak diijinkan untuk menendangnya.

Sumber artikel:
https://www.caraprofesor.com/sejarah-bola-voli/
https://ciniacinau.wordpress.com/sejarah-bola-volly/
https://www.caraprofesor.com/peraturan-voli-lengkap/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *