3 Wirid Ini dapat Memudahkanmu Masuk Surga

Kategori Uncategorized
mempermudah masuk surga

Diantara perkara yang paling diburu oleh kaum muslimin adalah hal-hal yang dapat memasukkan ke dalam surga. Sebab surga adalah ‘lambang’ dari keridhoan Allah ta’ala atas hambaNya. Dan bahkan ridho dan rahmat Allah ta’ala lebih tinggi kedudukannya dari jannah.

Diantara kelebihan Surga yang Allah siapkan bagi hambaNya adalah sebagaimana dalam hadits qudsi yang diriwayatkan oleh Al Bukhari.

“Aku telah siapkan untuk para hambaKu yang shalih, sesuatu yang tidak pernah dilihat oleh mata, tidak pernah terdengar oleh telinga, dan belum pernah terbersit dalam hati dan bayangan manusia.”

Itulah surga yang Allah siapkan bagi hambaNya yang mendapat ridhoNya. Seluas langit dan bumi dengan jutaan kenikmatan yang abadi dan menyenangkan manusia.

Lalu bagaimanakah cara meraih surga tersebut ?

Berikut ini, dintara amalan atau wirid yang diucapkan dengan lisan dan diyakini dengan hati, namun dapat memasukkan seorang ke dalam surga Allah ta’ala adalah

1. Membaca Ayat Kursi

Diantara amalan sunnah yang dapat memasukkan pemiliknya ke dalam surga adalah membaca ayat kursi setiap selesai shalat fardhu 5 waktu.

Dalam hadist shahih riwayat Ibnu Hibban dan An Nasai, bahwa Nabi bersabda, “Siapa saja yang membaca ayat kursi setelah shalaf wajib 5 waktu, maka tidak ada yang menghalanginya masuk surga kecuali kematian.”

Maksud dari hadits ini adalah barangsiap yang membaca ayat kursi (surat al baqarah ayat 255) setelah shalat fardhu, maka dijanjikan dengan surga oleh Nabi Muhammad saw.

Dan tidak ada yang bisa menghalanginya dari surga Allah kecuali kematian. Maknanya dia pasti masuk surga, sebab kematian di alam akhirat itu telah ditiadakan. Jadi tidak ada yang menjadi penghalang dia dengan surga, dengan izin Allah.

2. Membaca Dzikir Rodhitu Billahi Robba……

Amalan kedua yang dapat mempermudah seseornag menuju surga adalah ucapan rodhiitu billahi robba, wa bil islaami diina, wa bi muhammadin nabiyyaa wa rosulaa.

Dalam hadits Tirmidzi disebutkan bahwa perkataan ini dapat mendatangkan ridha Allah ta’ala.

Dalam riwayat  Ibnu Hibban dan Al Hakim, disebutkan bahwa balasannya adalah surga Allah ta’ala.

Dan alangkah bagusnya jika dirutinkan bacaan ini di setiap pagi dan petang dengan disertai menghayati maknanya.

3. Minta Ampun dengan Sayyidul Istighfar

Kemudian ucapan yang ketiga yang dapat memudahkan seseorang mendapat ridho dan jannah Allah ta’ala adalah mengucapkan doa sayyidul istighfar.

Sayyidul istighfar berarati rajanya permintaan ampun. Puncak dari permintaan ampunan seorang hamba kepada Tuhannya.

Bunyi dari sayyidul istighfar adalah

Allahumma anta robbi laa ilaaha illa anta kholaqtani, wa ana ‘abduka wa ana ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mastato’tu audzubika min syarri maa sona’tu abuu laka bini’matika ‘alayya, wa abuu laka bidzanbii faghfirlii fainnahu laa yaghfiru dzunuba illa anta.

Nabi sebutkan dalam hadits, barangsiapa yang mengucapkannya di waktu pagi dan meyakini ucapannya, maka jika ia meninggal sebelum sore hari, maka ia termasuk ahli jannah. Dan barangsiapa yang mengucapkan di waktu sore dan meyakini ucapannya tersebut, kemudia dia meninggal sebelum pagi, maka ia termasuk penduduk surga.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *