Apotek Online, Manfaat dan Masalahnya

Kategori Uncategorized

Apotek adalah salah satu sistem yang sangat penting dalam pendistribusian obat-obat medis. Apotek ini menjadi alat pengendali untuk mencegah obat-obatan yang keras beredar bebas di masyarakat. Sebuah apotek haruslah mendapatkan izin dan diawasi oleh seorang apoteker yang sudah terdidik di bidang farmasi.

Yang menjadi masalah saat ini adalah banyaknya apotek yang mulai mengadopsi sistem penjualan secara online. Tentu ini disambut baik oleh konsumen, karena konsumen bisa mendapatkan obat-obatan yang mereka butuhkan dengan lebih mudah. Mereka tidak perlu lagi keliling dari satu apotek ke apotek lainnya hanya untuk mencari satu obat.

Mereka bisa lebih dulu menelpon atau bertanya online tentang ketersediaan obat sebelum membeli. Tentunya ini bisa membuat pembelian obat menjadi sangat mudah. Namun tentunya sistem ini hanya berlaku untuk obat-obatan yang dijual bebas di pasaran. Apotek tidak boleh secara sembarangan menjual obat keras dengan menggunakan sistem online.

Saat ini sistem penjualan obat keras secara online belumlah diatur oleh sistem perundang-undangan di negara kita. Jadi ada banyak apotek online yang masih membatasi diri dan ada beberapa apotek lainnya yang mencoba mengembangkan sistem penjualannya sendiri.

Tentunya sistem penjualan obat keras yang mempunyai sistem pengawasan yang baik sangatlah diharapkan saat ini. Hal itu dikarenakan masyarakat sering sekali kesulitan mencari obat paten yang diresepkan oleh dokter di apotek yang ada di kota mereka. Jadi jika obat-obat ini bisa dibeli dari kota atau bahkan pulau lain akan sangat memudahkan masyarakat.

Kendala terbesar dari sistem apotek online adalah orang-orang yang suka memanfaatkan sistem. Jangan sampai celah dari sistem apotek online ini menjadi jalan bagi obat-obat psikotropika untuk beredar luas di masyarakat. Ini bisa menjadi masalah besar, karena ada banyak orang yang akan terjebak dalam penggunaan obat-obatan terlarang.
Jadi walaupun apotek online mempunyai segudang manfaat untuk masyarakat dan juga untuk sisi bisnis apotek, namun ada banyak sekali permasalahan yang perlu dipikirkan dalam pelaksanaannya. Bahkan kita juga harus memikirkan jalur pengiriman dari obat-obatan ini.

Obat keras yang hanya bisa dibeli dengan resep dokter haruslah aman dalam pengirimannya. Jangan sampai obat-obatan ini rusak dalam pengiriman atau dicuri orang. Tentunya layanan jasa kurir juga mempunyai sistem untuk memantau siapa saja yang mengelola paket-paket yang dikirim. Namun seringkali kita temui kasus barang hilang dan tidak diketahui siapa pelakunya.

Kondisi-kondisi yang masih riskan seperti ini harus menjadi pertimbangan setiap apotek yang mengadopsi sistem apotek online. Apotek online harus bisa merancang sebuah sistem yang memastikan resep yang digunakan asli dan pengiriman obat bisa dipertanggungjawabkan sebelum mereka mulai menjual obat-obat resep dokter secara online.
Mudah-mudahan sistem penjualan online yang aman bisa ditemukan dalam waktu dekat sehingga pelaku bisnis apotek online dan juga pembeli sama-sama bisa merasa tenang. Apotek online ini akan memudahkan masyarakat yang tinggal di pelosok desa untuk mendapatkan obat-obatan yang mereka butuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *