Bagaimana Pemeliharaan Jembatan Timbang Truk

Jembatan timbang truk telah menjadi alat yang hampir wajib untuk membantu menghindari implikasi denda kelebihan muatan yang dapat melibatkan siapa saja dan semua orang yang terlibat dengan pemuatan, pengangkutan, dan penerimaan barang dari kendaraan yang kelebihan muatan.

Karena banyaknya jenis desain jembatan timbang truk yang sekarang tersedia, penelitian yang cukup besar diperlukan untuk memastikan jenis desain, pemosisian fisik, dan konfigurasi yang benar mencapai hasil terbaik untuk setiap aplikasi individual.

Ada banyak jenis desain jembatan timbang truk, masing-masing memiliki poin baik dan buruk, termasuk:

  1. jembatan timbang truk di atas tanah.
  2. jembatan timbang truk di dalam tanah.
  3. jembatan timbang truk semi pit.
  4. jembatan timbang truk multi-dek.
  5. jembatan timbang truk gandar statis.
  6. jembatan timbang truk bergerak.
  7. jembatan timbang truk dek logam yang dapat dipindahkan.

PEMELIHARAAN JEMBATAN TIMBANG TRUK

Pemeliharaan jembatan timbang truk yang sedang berlangsung sering diabaikan sehingga merugikan umur operasi sel beban yang diharapkan. Ketika jembatan timbang truk elektronik pertama kali diperkenalkan, salah satu nilai jual utama adalah persyaratan servis yang sangat berkurang. Sayangnya, banyak pemilik jembatan timbang truk menganggap ini berarti jembatan timbang truk berbasis sel beban baru tidak memerlukan servis rutin sama sekali.

Benar, semua komponen mekanis jembatan timbang truk berbasis sistem tuas dihilangkan sama sekali, tetapi meskipun sel beban dianggap sepenuhnya elektronik, prinsip mekanis dasar masih berlaku. Sel beban sebenarnya adalah perangkat mekanis yang menampung elektronik yang dienkapsulasi yang digunakan untuk menghasilkan pembacaan berat.

Banyak sel beban jembatan timbang truk didasarkan pada desain pin rocker dan dilengkapi dengan cangkir baja yang diperkeras di setiap ujungnya, dengan jarak bebas internal yang cukup untuk memungkinkan sel beban bergoyang maju mundur secara bebas hingga maksimum sekitar lima derajat. Izin goyang ini diperlukan karena dua alasan:
1. Untuk mengatasi pemuaian dan penyusutan dek jembatan timbang truk yang disebabkan oleh perubahan suhu.
2. Untuk mengatasi pergerakan jembatan timbang truk bawaan yang disebabkan oleh pengereman dan akselerasi truk saat memasuki dan meninggalkan geladak jembatan timbang truk.

Tingkat kemiringan sel beban harus dikontrol secara ketat karena sel beban dapat mengalami deformasi fisik jika dibiarkan miring pada sudut yang lebih tinggi dari yang diharapkan. Kemiringan sel beban diatur oleh gerakan jembatan timbang truk total, yang pada gilirannya dibatasi oleh pemberhentian fisik yang dilengkapi dengan baut yang dapat disesuaikan. Ujung tebal ini biasanya memerlukan penyesuaian rutin karena perubahan musim dan keausan yang disebabkan oleh pengereman truk berat jika umur sel beban yang diharapkan ingin dicapai.

Cangkir baja yang dikeraskan dari sel beban perlu diperiksa secara teratur untuk mengetahui kerusakan yang disebabkan oleh beban berlebihan dan gerakan jembatan timbang truk. Masuknya debu dan kotoran dapat membentuk pasta gerinda ketika dicampur dengan minyak di dalam cangkir sel beban dan segera membuat cangkir dan sel beban tidak dapat dioperasikan.

Untuk membantu meminimalkan kerusakan sel beban jembatan timbang truk yang disebabkan oleh pengereman truk yang berlebihan, disarankan untuk memasang speed hump segera sebelum jembatan timbang truk masuk untuk meminimalkan kecepatan truk. jembatan timbang truk yang dirawat dengan benar akan menimbang lebih akurat dan biaya perbaikannya jauh lebih murah daripada jembatan timbang truk yang diabaikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *