Mengenal Jenis panel surya

Mengetahui jenis-jenis panel surya sangatlah penting. Tujuannya agar Anda tidak salah dalam memilih jenis solar panel yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut adalah beberapa jenis yang perlu Anda ketahui:

Silikon monokristalin

Ini adalah salah satu jenis panel surya yang paling banyak digunakan. Panel surya jenis ini memiliki berbagai keunggulan seperti efisiensi tinggi dan masa pakai yang lama. Sel surya yang membentuk panel terbuat dari kristal silikon murni yang dipotong menjadi strip tipis menggunakan mesin untuk membentuk lingkaran. Sel surya ini disebut “monokristalin” karena silikon yang digunakan adalah silikon monokristalin.

Efisiensi panel surya monokristalin mencapai lebih dari 20%, yang jauh lebih tinggi daripada jenis panel surya lainnya. Efisiensi tinggi ini menunjukkan bahwa panel surya ini memiliki kemampuan untuk mengubah energi dari matahari menjadi listrik, sehingga hanya membutuhkan luas penampang yang lebih kecil untuk menghasilkan energi yang sama dengan panel surya jenis lainnya. Namun, silikon monokristalin adalah jenis panel surya yang paling mahal dengan kualitas terbaik.

Sel surya film tipis

Panel surya jenis ini disebut “thin film” karena menggunakan sel surya yang sangat tipis berukuran sekitar 10 nanometer, jauh lebih tipis dibandingkan jenis silikon kristalin 200-300 nanometer. Film tipis ini ditambahkan ke permukaan seperti kaca, plastik, atau logam.

Dengan ukuran yang sangat tipis, panel surya ini menjadi sangat ringan dan fleksibel. Selain itu, panel surya ini tidak mengalami penurunan kinerja pada suhu yang lebih tinggi seperti jenis panel surya lainnya. Sayangnya, efisiensi konversi energi film tipis ini masih rendah, hanya sekitar 10%.

Silikon polikristalin

Ini adalah jenis panel surya yang terbuat dari batang kristal silikon yang dilebur atau dilebur dan kemudian dituangkan ke dalam cetakan persegi panjang. Fitur dalam susunan yang lebih rapi dan rapat. Sifat-sifat panel surya ini cukup unik karena adanya retakan atau serpihan pada sel surya. Seperti namanya, jenis panel surya polikristalin ini terdiri dari banyak fragmen silikon kristalin.

Efisiensi panel surya silikon polikristalin hingga 17%. Meskipun efisiensinya lebih rendah dibandingkan dengan jenis silikon monokristalin, panel surya jenis ini banyak digunakan karena harganya yang relatif terjangkau.

Butuh Panel Surya?

Jika anda membutuhkan panel surya anda bisa menghubungi agen panel surya terdekat di kota anda. Atau anda juga bisa mengunjungi website agen panel surya yang melayani secara online. Biasanya agen panel surya online bisa memberikan beberapa pilihan panel surya yang paling sesuai untuk kebutuhan anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *