Mengenal Sistem Jembatan Timbang Truk

Jembatan timbang atau yang biasa kita juga kenal sebagai timbangan truk terdiri atas 4 jenis yaitu jembatan timbang permanen, jembatan timbang sumbu, jembatan timbang modern dan jembatan timbang portabel. Pada artikel kali ini kita akan secara khusus membahas tentang timbangan truk portable ini.

Masuk ke dalam keluarga jembatan timbang, maka timbangan truk portable ini tentu saja memiliki fungsi yang sama dengan jenis timbangan jembatan lainnya, namun sesuai dengan namanya, timbangan yang satu ini memiliki kelebihan di mana sifatnya yang portabel membuatnya bisa dipindahkan sesuai keinginan anda.

Sifatnya yang tidak permanen ini membuat timbangan truk portable sangat disarankan pada daerah yang sulit membangun jembatan timbang permanen seperti industri perkebunan yang lokasinya terkadang sulit dijangkau.

Kelebihan lain dari jembatan truk portable adalah penghematan dalam membangun pondasi. Jika jembatan timbang lainnya yang membutuhkan pondasi yang kuat, maka jembatan timbang portabel tidak membutuhkan pondasi sama sekali.

Anda hanya perlu meletakkan timbangan portabel yang satu ini pada lantai. Timbangan truk portable ini memiliki layar digital dan terdiri atas dua frame. Frame bagian atas berfungsi sebagai platform sedangkan frame bagian bawahnya berfungsi sebagai lantai kerja. Perlu anda ketahui, untuk mengatur timbangan ini pada level tertentu sebelum menggunakannya untuk hasil penimbangan yang akurat.

Berbicara mengenai harga, harga timbangan truk portabel ini bisa cukup bervariasi tergantung dari distributornya. Ada banyak supplier timbangan truk portable di Indonesia, di sini anda dapat menemukan berbagai timbangan truk portable dari berbagai jenis merek yang berbeda.

Meski spesifikasinya tidak jauh berbeda, anda akan menemukan bahwa harganya bisa cukup bervariasi namun perbedaan harga yang terdapat juga tidak terlalu berbeda. Perbedaan harga ini tentu saja dapat disebabkan oleh perbedaan kualitas pula.

Produk yang murah biasanya memiliki kualitas yang kurang bagus dan cepat rusak sedangkan timbangan truk yang mungkin memiliki harga yang lebih mahal namun memiliki kualitas yang baik dan tahan lama. Bahkan tidak jarang beberapa merk berani memberikan jaminan garansi hingga beberapa tahun.

Jembatan timbangan dikenal juga sebagai timbangan truk karena mayoritas timbangan ini digunakan untuk menimbang berat truk beserta muatannya. Dalam dunia industri sendiri, timbangan truk ini digunakan untuk mendata berat muatan yang datang dari supplier maupun berat muatan hasil produksi yang keluar untuk didistribusikan kepada konsumen.

Akurasi timbangan dalam bidang industri ini sangatlah penting karena kesalahan penimbangan dapat menimbulkan kerugian dalam jumlah yang besar dan bahkan dapat mengarah pada tuntutan hukum. Jadi jika anda memilih timbangan truk, sangat disarankan untuk memilih yang berkualitas, tahan lama dan memiliki garansi meskipun harganya mungkin sedikit lebih di atas timbangan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *