Mengenal Potensi wisata di Pulau Seribu

Potensi pulau seribu tentu sangat besar, mulai dari pariwisata, kuliner, atau bahkan di sektor kelautan lainnya. Kepulauan tersebut merupakan kawasan cagar alam yang terletak di utara Jakarta.

Karena letaknya yang tidak jauh dari ibu kota, pulau ini sering dijadikan tempat pelarian dari penduduk untuk menghilangkan kebosanan. Selain lokasinya, Pulau Seribu memiliki keindahan tersendiri dan mampu memikat hati orang yang melihatnya.

Mungkin ada yang mengira bahwa kepulauan ini hanya terdiri dari satu pulau. Namun, hal ini tentu salah besar, karena kepulauan terdiri dari rangkaian dataran atau pulau yang berbeda.

Potensi Kepulauan Seribu sendiri tentunya tidak terlepas dari berbagai rangkaian pulau. Namun dari sekian banyak pulau tersebut, hanya sedikit yang telah dimanfaatkan dan dikembangkan potensinya.

Kawasan ini juga memiliki keindahan alam yang luar biasa. Pantai pasir putih dan air laut biru yang menenangkan tentunya sangat mudah ditemukan saat berkunjung ke kawasan ini.

Ini pasti akan membuat liburan Anda lebih santai dan menyenangkan. Sebagai wilayah laut, tentunya potensi yang dihasilkan tidak akan jauh dari berbagai sektor lepas pantai.

Rumput Laut Potensi Seribu Pulau

Rumput laut atau rumput laut merupakan sumber daya hayati yang banyak ditemukan di wilayah pesisir. Kehidupan laut dapat mempengaruhi komposisi atmosfer yang juga akan mempengaruhi iklim.

Indonesia merupakan salah satu produsen rumput laut terbesar kedua di dunia dan berhasil menyumbang sekitar 38%. Pertanian masih terkait dengan produksi ekstrak rumput laut atau disebut karagenan.

Permintaan rumput laut terus meningkat, namun produksinya mengalami penurunan dalam 10 tahun terakhir. Hal ini disebabkan pembukaan lahan untuk pariwisata yang semakin digencarkan oleh pemerintah.

Namun, di Kepulauan Seribu, Jakarta sendiri, rumput laut banyak ditanam. Daerah ini juga merupakan salah satu daerah penghasil rumput laut kualitas terbaik terbesar di Indonesia.

Hal tersebut membuat Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhi Prabowo, menghimbau kepada masyarakat sekitar untuk membantu pemerintah mengembangkan potensi Kepulauan Seribu. Apalagi saat itu mampu mengekspor hingga 300 ton per bulan.

Pemerintah Kabupaten Kepulauan juga semakin mendorongnya dengan melakukan sosialisasi bisnis biota laut. Pemerintah provinsi juga mendirikan empat pulau percontohan, seperti Panggang, Tidung, Lancang, dan Pari.

Pada tahap awal, MSFS menyediakan 4.000 kg benih rumput laut untuk didistribusikan ke masyarakat. Kegiatan ini akan terus dilakukan hingga potensi Kepulauan Seribu terus dikembangkan.

Jenis yang dibudidayakan atau dikembangkan di daerah ini adalah Eucheuma Cottoni. Dimana cara menanamnya sendiri dengan menggunakan tali yang ditempelkan pada benih yang berjarak sekitar satu jengkal agar dapat tumbuh dengan optimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *