Hal Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Umroh

Umroh atau yang biasa disebut dengan haji kecil merupakan kegiatan ibadah umat Islam yang dilakukan dengan banyak ritual di kota suci Mekkah, khususnya Masjidil Haram. Bagi jemaah haji asal Indonesia, umroh bisa menjadi pilihan utama sembari menunggu antrean haji yang panjang.

Calon jemaah haji, terutama anak muda yang baru pertama kali berangkat ke Tanah Suci, biasanya bertanya-tanya apa saja yang harus disiapkan sebelum berangkat menunaikan umroh.

Berikut adalah beberapa tips penting untuk mempersiapkan umroh:

1. Pelajari tentang musim di Arab Saudi

Arab Saudi hanya memiliki dua musim, panas dan dingin. Meski mirip dengan Indonesia, terdapat perbedaan dalam hal kelembapan yang menyebabkan langkanya curah hujan di Jazirah Arab.

Dua kota yang tentunya akan disinggahi jemaah haji dari Indonesia adalah Mekkah dan Madinah yang memiliki sedikit perbedaan suhu karena letak geografisnya. Jika kita sudah mengetahui suhu dan musim di sana, kita bisa menyesuaikan dan mengantisipasinya dengan membawa perlengkapan demi kenyamanan kita selama berada di Arab Saudi.

2. Menjaga kesehatan

Banyak tindakan umroh membutuhkan kekuatan fisik, seperti 7 kali Tawaf (berjalan mengelilingi Ka’bah) dan 7 kali Sai (berlari dari Safa ke Marwah). Jarak tahajud sangat bergantung pada kedekatan jamaah dengan Ka’bah yang merupakan pusat lingkaran, mulai dari sekitar 200 meter (1400 meter untuk tujuh putaran) dan semakin jauh dari Ka’bah maka jaraknya semakin jauh. Kemudian jarak antara Safa dan Marwa sekitar 450 meter, sehingga total tujuh perjalanan sekitar 3,15 kilometer. Jadi, total perjalanan Tawaf dan Sai tidak kurang dari 4,55 kilometer dengan berjalan kaki.

Kemudian, selain beribadah di Masjidil Haram di Makkah Al-Mukarramah dan Masjid Nabawi, biasanya jemaah haji yang berangkat ke Tanah Suci juga akan menunaikan ibadah haji ke tempat lain yang berada di kota berbeda, seperti Masjid Al-Aqsha dan Jabal Noor. Oleh karena itu, kesehatan jasmani sangatlah penting ketika kita berada di tanah suci.

3. Bawa keperluan pribadi

Bawalah barang-barang pribadi seperti obat-obatan, perawatan tubuh dan pakaian yang sesuai. Jika Anda tidak terbiasa kedinginan dan mudah masuk angin, terutama di malam hari, Anda bisa membawa angin atau minyak herbal untuk menghangatkan tubuh.

4. Ketahui aturan di Arab Saudi

Ada sejumlah aturan tentang adab di negara Islam ini, yang terangkum dalam Piagam Kesopanan Umum. Secara umum, seperti dikutip visitaudi.com, setiap orang harus berpakaian sopan dan wanita harus menutupi bahu dan lututnya di depan umum. Di tempat umum, orang juga tidak diperbolehkan untuk mengungkapkan dan menggunakan bahasa yang kasar atau menunjukkan gerak tubuh yang tidak sopan.

Selain itu, tidak diperbolehkan membawa, membeli dan mengkonsumsi minuman beralkohol dalam bahasa Arab. Juga tidak diperbolehkan melakukan tindakan yang menunjukkan kebencian, rasisme, diskriminasi, dan perilaku yang tidak pantas, termasuk kekerasan seksual. Pelanggar aturan kesopanan akan dikenakan denda mulai dari SAR 50 hingga SAR 6.000 (Rp 180.000 hingga Rp 2,25 juta).

5. Manasik

Sebelum berangkat ke Tanah Suci, calon jemaah sangat dianjurkan untuk mengikuti Manasik atau demonstrasi menjalankan ibadah yang diselenggarakan oleh travel agent. Dalam Manasik kita bisa belajar tentang praktik dalam kondisi serupa di Tanah Suci dan bertanya kepada pemandu umroh tentang hal-hal yang tidak kita mengerti.

6. Lengkapi dengan asuransi perjalanan

Saat bepergian untuk menunaikan ibadah umroh tentunya ingin perjalanannya menjadi serius dan aman, serta terbebas dari kekhawatiran akan hal-hal seperti kehilangan dokumen perjalanan, kehilangan bagasi, keterlambatan perjalanan, hingga resiko sakit selama perjalanan.

Saat ini sudah banyak produk asuransi perjalanan yang menjamin risiko ketidaknyamanan perjalanan seperti ini, selain asuransi utama terhadap risiko kecelakaan dan kematian.

=============

Bagi anda yang mau mengikuti ibadah umroh; saat ini beberapa layanan travel membuka paket umroh September. Karena perjalanan baru akan diadakan di bulan September; maka tentunya anda mempunyai cukup banyak waktu untuk mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *