OLAHRAGA SEJAK DINI

Bagi para orang tua untuk menyadarkan kebiasaan baik untuk si kecil memang susah susah gampang ya. Mulai dari si kecil yang masih ogah-ogahan lebih memilih bermain dengan mainannya daripada berolahraga atau di ajak berolahraga pagi masih susah untuk bangun pagi. Kebiasaan berolahraga sejak dini sangatlah bagus untuk membentuk badan si anak. Kerewelan si kecil yang harus ekstra sabar untuk melatih kebiasaan baik ini. Ya, memang kudu ekstra sabar ketika si kecil ngambek atau mungkin trauma jika jatuh ketika melakukan aktivitas berolahraga.
Apa saja sih manfaat melatih kesadaran berolahraga bagi si kecil?tentu saja banyak manfaat yang di dapat dari menerapkan kebiasaan baik ini sejak dini. Yuk kita bahas satu persatu manfaatnya.

  1. Mencegah penyakit, Obesitas bagi anak masih menjadi momok yang menakutkan. Si kecil menyukai makanan-makanan manis daripada sayuran dan buah. Suka coklat, permen atau gula-gula yang manis sedangkan untuk makan sayur agak kurang menyukainya dan itu wajar. Faktor inilah yang meningkatkan risiko penyakit diabetes dan darah tinggi 3x lipat ketika memasuki usia dewasa nanti. Untuk itulah perlu melakukan olahraga dan bisa membantu membakar kalori di tubuh.
  2. Membentuk tubuh
    Tubuh yang dilatih sejak dini menjadi lebih elastis dan tidak membungkuk ketika berjalan. Tubuh terlihat tegap dan lebih elastis.
  3. Meningkatkan nafsu makan
    Si kecil biasanya untuk makan sangatlah pemilih, untuk sayur atau buah menjadi piliha terakhir bagi si kecil. Lebih memilih makanan manis atau yang bersifat jajan atau hanya maunya daging saja. Padahal untuk kebutuhan gizi buat si kecil sangatlah penting dan harus seimbang. Nafsu makan meningkat disini bukan berarti nafsu makan yang berlebihan dan hanya menyukai jenis makanan tertentu, tetapi kebutuhan gizi sayur dan buah juga terpenuhi.
  4. Meningkatkan daya ingat
    Olahraga juga bisa mempengaruhi dalam hal kesehatan otak, anak yang terbiasa dengan aktvitas olahraga menjadi lebih aktif dan kebutuhan akan gizi pun terpenuhi dengan baik. Anak menjadi bersemangat ketika mengikuti kegiatan sekolah dan menjadi lebih aktif dalam belajar.

Nah ke empat manfaat dari penerapan olahraga sejak dini di atas semoga menjadikan kita lebih paham dan sadar akan pentingnya berolahraga. Ketika kalian termasuk olahraga yang super sibuk diusahakan untuk memberika waktu me time untuk si kecil meskipun hanya jogging sebentar atau jalan-jalan di taman, atau bermain sepeda. Tentu saja keselamatan dalam aktvitas si kecil menjadi pantauan utama bagi orang tua. Untuk pakain olahraga tidaklah terlalu dikhawatirkan, cukup itu dapat menyerap keringat dan bersih. Seperti bahan katun yang merupakan bahan yang bagus untuk penyerapan keringat. Baju-baju olahraga untuk anak kecil banyak dijual di pasaran, tentu saja dengan kualitas yang berbeda-beda pula. Salah satu nya adalah tempat bikin seragam merupakan tempat produksi baju-baju olahraga dari ukuran anak-anak sampai dewasa. Desain-desainnya pun juga bermacam-macam warna. Pakaian olahraga bagi si kecil biasanya lebih mengutamakan warna yang cerah karena anak kecil akan menjadi suka dan bersemangat jika baju yang dipakainya terlihat bagus. Semoga dengan pemilihan baju olahraga yang pas dan kesadaran bagi orang tua untuk selalu membiasakan olahraga bagi si kecil makanya dapat membuatnya lebih semangat dalam hari-harinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *