Pertanyaan Yang Tidak Boleh Diajukan Dalam Interview

Saat mempersiapkan diri untuk melakukan suatu interview pekerjaan, kebanyakan dari kita hanya mempersiapkan diri untuk menjawab pertanyaan.

Tapi apakah anda sudah menyiapkan pertanyaan anda? Saat melakukan interview, sangatlah penting bagi anda untuk membuat suasana terasa nyaman sehingga sang pewawancara juga bisa mendapatkan kesan positif dari anda.

Salah satu cara untuk membuat suasana yang nyaman adalah dengan membuat percakapan terjadi dua arah. Mengajukan beberapa pertanyaan juga dapat membangun kesan yang baik. Lalu pertanyaan seperti apakah yang bagus untuk anda tanyakan? Berikut penjelasannya:

  1. Apa kualitas yang harus dimiliki untuk sukses dalam pekerjaan ini? Pertanyaan ini menunjukkan bahwa Anda tertarik untuk memberikan kinerja terbaik untuk perusahaan, dan Anda bersedia melangkah lebih jauh untuk mencapainya.
  2. Tantangan apa yang harus saya hadapi dalam pekerjaan tersebut? Mengetahui seluk-beluk posisi dapat memberi Anda gambaran tentang apa yang dapat Anda lakukan untuk mencapai kesuksesan, dan pertanyaan ini mencerminkan keyakinan anda pada kemampuan Anda untuk mengatasi hambatan dan menangani tanggung jawab yang lebih besar.
  3. Apa saran yang dapat Anda berikan kepada saya jika saya mendapat kesempatan untuk bergabung dengan perusahaan ini? Baik Anda mendapatkan pekerjaan ini atau tidak, pertanyaan ini bagus untuk Anda. Jika dipekerjakan, Anda sudah memiliki saran untuk membantu Anda memulai pada hari pertama. Jika tidak, Anda memiliki sesuatu untuk dibawa ke pekerjaan baru Anda berikutnya.

Meskipun mengajukan beberapa pertanyaan sering kali dapat memberikan kesan positif selama interview, tentu saja ada batasan tentang apa yang dapat dan harus Anda tanyakan sebagai calon karyawan. Berikut adalah beberapa contoh pertanyaan yang tidak boleh Anda tanyakan dan alasan mengapa pertanyaan tersebut tidak boleh anda tanyakan?

  1. Apa yang perusahaan ini lakukan? Mengapa Anda tidak boleh mengajukan pertanyaan ini? Pertanyaan ini menunjukkan kepada pewawancara bahwa Anda tidak meluangkan waktu untuk mempelajari perusahaan tersebut sebelum melamar pekerjaan. Anda harus datang ke wawancara dengan pemahaman dasar tentang apa yang dilakukan perusahaan tersebut.
  2. Seperti apakah gaji, tunjangan dan fleksibilitas dari perusahaan? Bukan ide yang baik bagi calon karyawan untuk bertanya tentang gaji, tunjangan, jam kerja, atau fleksibilitas selama wawancara pertama. Detail seperti ini biasanya dibahas dalam wawancara berikutnya dan biasanya diterakan dalam kontrak sebagai bagian dari tawaran pekerjaan.
  3. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan promosi? Dibandingkan menanyakan berapa lama waktu rata-rata yang dibutuhkan untuk mendapatkan promosi, tanyakan seperti apa jalur perkembangan karyawan dalam pekerjaan tersebut, tetapi jangan menggali topik ini terlalu dalam,
  4. Mengapa saya harus bekerja untuk perusahaan Anda? Meskipun wawancara adalah kesempatan Anda untuk mengetahui apakah perusahaan itu tepat untuk Anda, penting untuk bersikap rendah hati. Jangan mengharapkan perusahaan memberi anda perlakuan khusus, karena ada banyak orang lain yang menginginkan posisi yang anda targetkan.

 

Itu dia beberapa pertanyaan yang dapat anda siapkan sebagai bagian dari persiapan interview anda. Semoga beruntung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *