Cara Yang Benar Memasang Panel Tenaga Surya

Panel tenaga surya adalah sebuah peralatan yang bisa dipergunakan untuk mengubah energi matahari menjadi energi listrik. Prinsip kerja dari peralatan ini sangat sederhana yaitu dengan menggunakan bahan-bahan yang bisa terpolarisasi oleh energi matahari.

Dengan menggunakan bahan-bahan yang bisa terpolarisasi ini maka akan dihasilkan potensial listrik yang bisa digunakan untuk mengisi baterai. Baterai yang sudah terisi inilah yang bisa kita gunakan sebagai sumber energi listrik baik untuk rumah ataupun untuk kebutuhan lainnya.

Indonesia mempunyai potensi yang sangat besar untuk penggunaan plts karena Indonesia berada pada negara tropis yang mana matahari bersinar hampir sepanjang tahun. Yang menjadi masalah adalah tidak semua orang mempunyai pengetahuan teknis untuk merangkai sistem panel tenaga surya ini.

Jadi jika salah dalam merangkai panel tenaga surya ini tidak akan menghasilkan energi yang optimal. Oleh karena itu sangat direkomendasikan bagi anda yang membeli panel tenaga surya untuk menggunakan jasa teknisi yang bisa membantu anda merangkai sistem dari panel tenaga surya ini.

Yang menjadi masalah adalah cukup banyak orang yang membeli panel tenaga surya ini untuk dipergunakan di daerah-daerah yang belum terjangkau oleh listrik PLN. Tentu untuk daerah-daerah yang masih pedalaman seperti ini ini sangat sulit dijangkau oleh layanan teknisi jadi anda sendiri harus mempunyai pengetahuan yang memadai untuk bisa merangkai sendiri sistem dari panel tenaga surya yang anda beli.

Hal yang paling mendasar yang perlu anda perhatikan pada saat anda merangkai panel tenaga surya adalah posisi dari solar cell. Anda harus memastikan bahwa solar cell benar-benar menghadap pada sisi yang optimal menerima sinar matahari. Dan sebesar mungkin itu mendapatkan sudut yang tegak lurus dalam waktu yang lama terhadap matahari.

Oleh karena itu ada banyak orang yang memasang solar cell dari panel tenaga surya mereka di atas atap rumah. Hal ini dikarenakan atap rumah merupakan bagian dari rumah yang paling terbuka. Namun tetap saja kita harus memperhatikan apakah atap rumah tersebut tidak terkena oleh bayangan pohon ataupun bayangan dinding rumah tetangga.

Jika rumah anda berada di pedalaman maka kemungkinan besar anda tidak akan mengalami masalah ini karena rumah di pedalaman masih cukup jarang. Setelah bisa memposisikan panel tenaga surya dalam posisi yang terbaik selanjutnya anda tinggal menghubungkan solar cell anda dengan baterai yang akan menampung energi listrik dari solar cell.

Dan oleh karena baterai menghasilkan arus listrik searah maka anda juga harus menghubungkan baterai ke sebuah inverter yang akan mengubah listrik searah ini menjadi arus bolak-balik. Arus bolak-balik inilah yang nantinya akan dipergunakan untuk peralatan listrik di dalam rumah anda.

Jika anda menggunakan lebih dari satu sumber listrik maka mungkin anda akan perlu melengkapi sistem panel tenaga surya ini dengan sebuah saklar otomatis. Saklar otomatis ini akan bekerja dengan sendirinya dan memasukkan listrik tenaga surya jika sumber listrik utama di rumah anda terputus.

Ini akan menjadi solusi yang sangat praktis sehingga anda tidak perlu report menyalakan atau memadamkan kembali panel tenaga surya jika terjadi pemadaman listrik. Anda tidak perlu kuatir untuk kelengkapan panel tenaga surya karena biasanya distributor yang menjual sistem panel tenaga surya sudahkan melengkapi solar cell dengan baterai dan juga inverter. Jadi anda hanya perlu bertanya secara detil ke distributor tentang cara atau instruksi pemasangan dari sistem panel tenaga surya tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *