Bagaimana Cara Memilih Travel Haji Terpercaya?

Seiring bertambahnya jumlah umat Islam, demikian pula jumlah jemaah haji dan umrah. Apalagi haji wajib yang difasilitasi dengan pendaftaran haji dan umrah dengan menggunakan tabungan khusus.

Namun, banyak juga travel agent yang diikuti oleh agen-agen yang tidak bertanggung jawab. Tak heran, calon jemaah resah dan sulit menemukan agen terpercaya.

Jangan khawatir, kami telah menyiapkan beberapa metode yang bisa diterapkan untuk menemukan jasa travel haji yang terpercaya.

Cara Memilih Travel Haji Yang Handal Untuk tahun 2022

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ada beberapa tips yang harus diperhatikan oleh calon jemaah haji. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Resmi terdaftar di Kementerian Agama

Travel haji sekaligus Umroh sudah pasti harus memiliki izin dari Kementerian Agama RI. Karena sebelum mendirikan biro perjalanan, mereka harus menyiapkan banyak hal terkait dokumen perizinan. Beberapa dokumen penting seperti Tanda Daftar Perusahaan, NPWP Perusahaan, dll.

2. Mempunyai alamat kantor

Agen haji terpercaya harus memiliki alamat kantor yang nyata dan dapat diverifikasi. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda melakukan survey langsung mengenai alamat tersebut.

Selain itu, memiliki kantor dan alamat fisik yang jelas akan memudahkan Anda jika perlu bertanya atau berkonsultasi langsung dengan travel haji.

3. Track record

Cara lain untuk memilih perjalanan haji selain perjalanan terpercaya adalah calon jemaah haji dapat melihat riwayat perjalanannya. Ini bisa berupa testimoni yang diberikan oleh jamaah sebelumnya.

Namun, alangkah baiknya jika sudah banyak orang yang Anda kenal yang pernah menggunakan jasa travel haji. Semakin lama travel anda melayani, maka semakin mudah menemukan jejak layanan mereka.

4. Memiliki jadwal keberangkatan yang jelas

Program haji plus travel yang bereputasi baik harus jelas mengenai jadwal pemberangkatan haji. Sebagai calon jemaah haji, Anda patut curiga jika ada agen perjalanan haji yang menjanjikan akan memberangkatkan jemaahnya dalam waktu satu tahun.

5. Jangan tergiur dengan harga murah

Agen perjalanan palsu terkadang menggunakan biaya haji yang murah untuk mencari korban. Bahkan seringkali harga yang mereka tawarkan tidak masuk akal.

Jika Anda menemukan penawaran yang tidak jelas, sebaiknya hindari dan jangan gunakan. Anda lebih baik memilih layanan perjalanan haji plus yang menawarkan paket dengan harga yang masuk akal.

6. Metode pembayaran

Semua transaksi pembayaran harus dilakukan dengan menggunakan sistem pembayaran melalui layanan perbankan (transfer rekening atau debit).

Atau jika Anda membayar tunai, masuk akal untuk melakukannya langsung di kasir perusahaan dengan bukti berupa tagihan pembayaran dan stempel perusahaan.
Jika Anda harus mentransfer uang, lakukan ke rekening atas nama perusahaan, bukan yang menggunakan nama pribadi Anda. Jika kemudian ditemukan kejanggalan, segera hindari travel haji yang mencurigakan tersebut.

7. Perhatikan fasilitas yang ditawarkan

Jangan remehkan masalah ini, fasilitas adalah hal penting yang harus selalu diperhatikan. Apalagi ini berkaitan dengan kenyamanan Anda selama keberangkatan dan kembali dari Tanah Suci.

Fasilitas tersebut antara lain tiket pesawat, hotel, transportasi selama di Tanah Suci, makan tiga kali sehari, air Zamzam dan masih banyak lagi.

Namun, jika fasilitas yang ditawarkan tidak cukup, sebaiknya berpikir dua kali sebelum memilih travel agent ini. Pilih layanan perjalanan yang direkomendasikan yang dapat memudahkan calon jamaah, seperti Alhijaz Indowisata.

8. Panduan haji tersedia

Travel Haji Plus Terpercaya akan menyediakan panduan Muthowif atau haji. Muthowif ini adalah semacam pemandu yang akan menemani Anda selama berada di Tanah Suci. Memiliki Muthowif ini sangat diperlukan, terutama bagi orang yang baru pertama kali menunaikan ibadah haji.

9. Periksa cabang travel

Sesuai dengan perkembangan perusahaan dan bertambahnya jumlah calon jemaah, biasanya mereka akan membuka cabang atau kantor perwakilan untuk memudahkan mereka mendaftar umrah atau haji plus. Tujuan dibukanya cabang ini tentunya untuk meningkatkan pelayanan yang diberikan kepada jemaah haji.

Jika Anda memutuskan untuk memilih agen, Anda harus memperhatikan surat penunjukan sebagai perwakilan resmi dari kantor pusat masing-masing. Oleh karena itu, pastikan alamat kantor perwakilan jelas, siapa penanggung jawab kantor perwakilan, dll.

Cara-cara di atas dimaksudkan untuk mencegah kemungkinan penipuan oleh biro perjalanan haji abal-abal. Apalagi saat ini banyak kasus penipuan yang terjadi, artinya Anda harus selalu berhati-hati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *